Post Icon

Cara Membersihkan Interior

berikut adalah cara membersihkan interior mobil

1. Jok kulit asli (original leather).
Cara Membersihkan :
Langkah awal ialah persiapkan alat-alat untuk membersihkan jok mobil seperti ; plas chamois, lap kering, sikat yang tidak terlalu keras dan vacumm cleaner bila ada. Untuk obat pembersih carilah ditoko variasi mobil atau supermarket terdekat.
Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau tangan, gunakanlah penyedot vakum kemudian usaplah jok sampai beberapa kali menggunakan plas chamois yang sudah diperas secukupnya.
Berilah obat pembersih secara per-bagian dan jangan dituangkan secara langsung untuk menghindari obat tersebut kering sebelum bagian yang anda kerjakan selesai.
Pada bagian yang sudah diberi obat sikatlah secara perlahan-lahan dan searah, untuk kotoran yang sulit dihilangkan ulangi beberapa kali sampai jok bersih.
Setelah selesai menyikat per bagian langsung bersihkan obat tersebut sebelum obat mengering.

cara membersihkan interior


2.Jok Beludru
Merawat jok berbahan beludru memang harus ekstra hati-hati. Jok berbahan bludru memerlukan perawatan ektra dibandingkan dengan jok berbahan kulit pada umumnya. Berikut ini cara membersihkan dan merawat jok beludru :

Sediakan dahulu alat-alat pendukung seperti sikat, lap bersih, cairan penghilang noda atau pembersih beludru yang bisa dibeli di supermarket atau toko aksesoris mobil dan vacuum cleaner (penyedot vakum).
Langkah pertama, sedot kotoran kecil di sela-sela dan permukaan jok dengan penyedot vakum. Setelah itu semprotkan cairan pembersih berupa busa ke permukaan yang akan dibersihkan. Segera sikat bagian yang sudah disemprotkan dengan satu arah untuk menghindari kotoran kembali ke tempat yang sudah disikat. Lakukan secara parsial atau bagian.

Untuk noda yang cukup membandel, harus diulangi beberapa kali hingga bersih.
Sehabis disikat, permukaan tersebut langsung diusap dengan lap bersih. Langkah tersebut merupakan proses terakhir membersihkan jok. Namun Anda tidak bisa langsung menikmatinya. Harus dijemur dulu hingga kering. Idealnya jok dilepas dan dijemur diterik matahari.
Tetapi, bila enggan, bisa dengan membuka semua pintu mobil. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari bau. Proses pengeringan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

3. Jok semi kulit (syntethetic leather)
Cara Membersihkan : Dalam membersihkan noda, atau untuk perawatan dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih bahan semi kulit yang banyak beredar dipasaran. Tetapi jika sedang tidak ada, bisa juga memakai pembersih kaca atau shampoo untuk membersihkannya. Yang perlu dihindari adalah jangan menggunakan sabun colek atau cuci atau alkohol karena bisa merusak bahan semi kulit. Sementara jika jok semi kulit terkena noda tinta, sebaiknya dilap dengan air hangat sebelum tinta mengering agar tidak susah dibersihkan.

4.DASHBOARD
Bagian ini biasa nya sering sekali terkena sinar matahari langsung ketika pada saat di jalan dan juga parkir di tempat terbuka, dan apabila ini di biarkan bisa membuat dashboard tersebut menjadi kusam, dan retak-retak.
Cara membersihkan : Terlebih dahulu bersihkan debu yang terdapat pada permukaan dasbor dan konsol dengan kemoceng. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan dashboard dengan cara menggosok permukaan secara lembut dan merata menggunakan cairan pembersih khusus atau air hangat. Jangan menekan terlalu keras karena kemungkinan akan membuat dashboard terbaret. Gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu di bagian-bagian yang susah dijangkau seperti blower AC, lipatan-lipatan di pojok dasbor. Lalu segera lap dengan kain basah agar cairan pembersih tidak mengering dan bisa membuat flek pada dashboard.

5. KARPET
Cara membersihkan : Karpet yg berbahan kulit sintetis seringkali lebih mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan menggunakan kain lap saja dan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran kering. Sedangkan karpet yg berbahan kain bila kotoran yang melekat hanya berupa kotoran kering maka dapat dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, tapi jika kotoran bersifat basah seperti lumpur maka proses pencucian yang total seperti laundry dapat menjadi pilihan.

6. PLAFON
Bersihkan plafon mobil dengan menggunakan air tetapi jangan sampai berlebihan, kemudian gosok dengan lap yang tidak terlalu basah. Sebab, konfigurasi plafon yang berlapis-lapis dan terdiri dari beragam material membutuhkan perawatan yang khusus. Perlu diketahui, lapisan luar plafon mobil berbahan sejenis kain wool dan bila kena air, lapisan di atas wool akan menjadi lembab. Dan bila terjadi kelembaban yang berlebihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, kelembaban juga menyeebabkan jamur. Segera bersihkan dengan lap daerah yang telah disikat dan disabun tersebut. Tak lupa saat mengeringkan hindari penggunaan vacuum cleaner karena bisa menarik plafond dan mengakibatkan efek gelembung.

7. AC atau PENYEJUK UDARA
Pergunakan AC sesering mungkin saat berkendara. Alat ini adalah bahan pendingin yang digunakan dalam siklus pendinginan. Refrigerant akan berubah bentuk dari gas menajdi cairan dan kembali lagi ke bentuk gas. Refrigerant juga mengandung pelumas yang akan melumasi kompresor AC. Pelumas ini berguna untuk menjaga seal dan pipa tetap lembab, karena bila kering dan retak akan menimbulkan kebocoran pada pipa-pipa ac

8.GUNAKAN PENGHARUM/PEWANGI
Setelah semua bagian interior bersih, jangan lupa untuk menaruh pengharum mobil sesuai selera agar suasana di dalam mobil memberikan kesan yang baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment